Monday, May 26, 2014

Jerawat Bisa Timbul Karena Beberapa Hal Ini




Jerawat seringkali menjadi momok bagi kaum hawa yang ingin tampil cantik. Secara medis, jerawat adalah keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat dan menimbulkan kantong nanah yang meradang. Salah satu penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Selain itu, penyebab timbulnya jerawat yang lain adalah menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stress.

Berikut ini penyebab timbulnya jerawat:

Produksi minyak berlebihan
Tidak hanya karena wajah yang kotor, jerawat bisa muncul, tapi lebih disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh. Akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak menyebabkan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit tersumbat sehingga kulit dalam kondisi abnormal yaitu munculnya jerawat. Tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri adalah penyebab timbulnya jerawat yang paling umum.
Sel-sel kulit mati
Kelenjar minyak yang berlebihan akibat dari produksi hormon androgen bercampur dengan sel kulit mati menimbulkan jerawat. Saat itulah, sel-sel kulit mati bercampur dengan sebum yang semakin bertambah banyak, sehingga membentuk campuran tebal dan lengket yang mampu menyumbat pori-pori wajah dan menjadi bintik hitam dan putih. Jerawat tidak hanya di wajah tapi juga bisa berada di beberapa bagian tubuh, seperti punggung, dada dan lengan atas.
Bakteri
Bakteri yang biasanya berada di kulit yaitu P.acne cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang mengalami penyumbatan yang memproduksi zat-zat yang mengakibatkan iritasi pada daerah sekitarnya. Kelenjar tersebutlah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat ketika bengkak dan pecah sehingga muncullah peradangan.
Kosmetik
Kosmetik yang mengandung minyak atau foundation yang menyatu dengan bedak akan menimbulkan penyumbatan pori-pori. Penyumbatan inilah yang menyebabkan terjadinya jerawat.
Obat-obatan
Bakteri pathogen di dalam obat kortikosteroid, baik yang oral (diminum) ataupun topical (dioles) menimbulkan daya tahan tubuh menurun dan juga meningkatkan potensi munculnya jerawat.
Faktor keturunan
Memang tidak menguntungkan mempunyai jerawat, tapi ternyata itu tidak bisa dihindari jika ternyata orangtua juga berjerawat ketika masih muda. Dengan begitu, otomatis anak-anak mereka juga akan berjerawat. (an)



No comments:

Post a Comment